Benda Bertuah

Ternyata Inilah 5 Pusaka Sakti dan Keramat di Tanah Jawa

pusaka keramat tanah jawa

Tanah Jawa terkenal dengan beragam benda pusaka yang dikeramatkan. Konon, benda pusaka yang keramat ini tidak sembarang benda, karena memiliki kekuatan didalamnya.

Benda pusaka dulunya merupakan senjata atau alat yang digunakan seseorang yang memiliki ilmu. Ilmu dalam hal ini adalah ilmu magis atau ilmu gaib. Ketika orang yang memiliki benda tersebut meningga, pusaka sakti yang dimilikinya tetap mengandung kekuatan yang sakti.

Benda tersebut dipercaya tetap memiliki kekuatan juga dikarenakan terdapat ritual khusus untuk menjaga dan merawatnya hingga hari ini.

Lalu, apa saja 5 pusaka sakti dan keramat di daerah Jawa ?

1. Keris

Sebenarnya ada banyak jenis keris dengan nama yang berbeda-beda di seluruh nusantara. Khusus di Tanah Jawa sendiri, juga terdapat banyak macamnya. Karena setiap keris ini tergantung pada pemiliknya berasal dari daerah mana, dan kekuatan apa yang melatarbelakanginya.

Salah satu keris yang berasal dari Jawa yakni milik Sunan Kalijaga bernama Keris Kyai Carubuk. Konon, keris ini pernah digunakan Sunan Kalijaga ketika berperang dan menang karena kekuatan yang dihasilkan dari keris ini. Keris ini dibuat pada masa pemerintahan Majapahit.

Tidak sembarang orang bisa memegang keris ini apalagi menyimpannya. Hanya orang tertentu yang memiliki kekuatan serta tahu tata cara memperlakukan keris pusaka ini.

Ada pula keris yang berasal dari Jogja disebut Keris Kyai Joko Piturun. Keris ini terdapat di lingkungan Keraton Yogyakarta, dan merupakan keris yang cukup keramat karena keberadaannya yang diberikan secara turun temurun di lingkungan kraton. Hanya putera mahkota yang akan menyimpan keris ini.

Untuk merawatnya biasanya dikenal dengan jamasan atau memandikan benda pusaka pada waktu tertentu. Memandikan pusaka keramat ini umumnya dilakukan pada malam 1 Suro. Caranya, benda keramat tersebut dikeluarkan bersamaan dengan ritual khusus yang mengiringinya.

Ritual ini biasanya dalam bentuk kirab pusaka. Hampir setiap daerah di Jawa memiliki keris peninggalan beberapa tokoh yang berilmu. Karena itulah banyak ritual dalam bentuk kirab di setiap daerah di Tanah Jawa yang diselenggarakan untuk memandikan benda pusaka ini.

2. Tongkat Kalimasada Sunan Kalijaga

Tongkat yang merupakan pusaka milik Sunan Kalijaga ini begitu melegenda hingga sekarang. Banyak juga yang menyebutnya sebagai jimat kalimasada.

Benda yang dikeramatkan ini sebenarnya hanya berbentuk tongkat yang dibawa ke mana pun Sunan Kalijaga pergi. Konon, tongkat kalimasada memiliki kekuatan yang luar biasa. Seperti, bisa sebagai senjata untuk melawan musuh, bisa mengeluarkan pancaran mata air ketika meletakkannya, dan masih banyak kegunaan lainnya.

Kalimasada terbuat dari bahan kayu, dan kayunya sendiri disebut Kayu Kalimasada. Kayu ini berasal dari Jepara, khususnya Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah.

Banyak benda-benda peninggalan Sunan Kalijaga yang dipercaya tetap memiliki kekuatan hingga saat ini. Peninggalan pusaka Sunan Kalijaga yang masih tersisa hingga saat ini, tetap tersimpan dengan baik dan dirawat untuk tetap dilestarikan.

3. Kain atau Rompi Ontokusumo

Ada lagi benda yang dianggap sakti lainnya milik Sunan Kalijaga yakni kain. Kain ini bentuknya rompi, dikenal dengan nama Ontokusumo.

Bahan Rompi Ontokusumo terbuat dari kambing yang diambil kulitnya. Kemudian dibentuk sebagai rompi agar bisa dipakai oleh Sunan Kalijaga.

Hingga saat ini Rompi Ontokusumo masih tersimpan. Sebagai benda peninggalan yang dianggap keramat, tentu penyimpanannya harus berada dalam ruang khusus dan tidak boleh sembarang orang dapat melihatnya.

4. Semar Mesem

Sebenarnya lebih banyak mengenal Semar Mesem adalah sebuah jimat untuk membuat lawan jenis menjadi tertarik. Padahal, pusaka ini berupa keris yang dibentuk seperti tokoh Semar dalam pewayangan Jawa.

Banyak yang percaya, siapa pun yang menggunakan pusaka ini akan enteng jodoh. Membuat siapa saja menjadi tertarik dan memiliki daya pikat magis.

Namun, tidak mudah memiliki pusaka penarik jodoh ini. Untuk mendapatkannya tidak bisa langsung didapat, melainkan perlu ritual khusus agar semar mesem bisa benar menarik perhatian orang yang sedang disukai.

Jika tidak sanggup melalui ritual yang disyaratkan untuk memiliki pusaka ini, bukan tidak mungkin kesialan juga akan menghadang. Untuk itu perlu bijak jika akan menggunakannya.

5. Kujang

Ada lagi pusaka sakti Indonesia yang asalnya masih dari Tanah Jawa. Benda pusaka ini bernama Kujang, asalnya dari Jawa Barat. Kujang sebenarnya berbentuk seperti keris, namun dengan motif yang berbeda.
Pusaka yang dikeramatkan dari Jawa Barat ini sudah dibuat sejak zaman Prabu Siliwangi. Dipercaya sebagai sumber kekuatan dan keberanian.

Bentuknya yang begitu melengkung ini dianggap unik, karena berbeda dari keris pada umumnya. Hingga sekarang, Kujang masih digunakan sebagai alat pertanian untuk membantu bercocok tanam. Tentunya Kujang yang memiliki kekuatan berbeda dengan Kujang biasa yang hanya sebagai alat pemotong rumput.

Itulah, pusaka sakti Tanah Jawa yang hingga kini tetap dirawat dengan baik bahkan beberapa diantaranya masih sering ditemui di kehidupan sehari-hari. Benda pusaka menjadi keramat, karena orang-orang yang mengeramatkannya dan menjadikan benda tersebut istimewa.

.

Konsultasi SERIUS dengan Pakarnya Ki Sabrang Alam, Silahkan Hubungi Kontak di Bawah ini :

081 226 888 103 ( WA / Telpon / SMS )