Pusaka Sakti

Inilah 5 Pusaka Sakti Raja-Raja Nusantara yang Terkenal Akan Daya Linuwihnya

pusaka sakti para raja

Anda tentu sudah tahu jika Indonesia memiliki banyak kerajaan dengan raja raja yang hebat. Selain memiliki kehebatan secara lahir, raja raja di Nusantara juga terkenal akan kehebatan spiritualnya dalam bentuk pusaka. Pusaka tersebut diceritakan memiliki kekuatan yang sangat luar biasa.  Nah, apa saja? Inilah 5 pusaka sakti raja-raja Nusantara yang terkenal akan daya linuwihnya.

Pusaka atau mustika merupakan sebuah alat atau benda khusus yang dibuat dengan serangkaian ritual tertentu dan berfungsi untuk melindungi raja dan digunakan untuk berperang. Di Indonesia sendiri ada beberapa pusaka sakti raja Nusantara yang terkenal memiliki kekuatan sakti mandraguna. Apa saja?

5 Pusaka Sakti Raja-Raja Nusantara yang Terkenal Akan Daya Linuwihnya

1. Keris Buatan Mpu Gandring

keris mpu gandring

Pertama ada keris Mpu Gandring yang merupakan pusaka sakti milik Ken Arok, seorang Raja dari Kerajaan Singasari, Jawa Timur. Keris ini merupakan keris sakti yang dipesan oleh Ken Arok kepada seorang mpu sakti bernama Mpu Gandring. Keris ini memiliki kekuatan sakti dan kutukan yang telah membunuh banyak korban termasuk Mpu Gandring sang pembuat dan Ken Arok selaku pemilik.

Keris ini dipesan oleh Ken Arok yang kala itu ingin menguasai kerajaan Singasari. Sebelum keris tersebut selesai dibuat, Ken Arok mengambilnya dan terjadilah perselisihan hingga Mpu Gandring tertusuk keris tersebut. Sebelum meninggal, Mpu Gandring mengutuk jika keris buatannya akan membunuh Ken Arok dan tujuh turunannya.

Meskipun tidak sepenuhnya membunuh tujuh orang keturunan Ken Arok, namun kesaktian keris ini tidak bisa dianggap remeh. Hingga saat ini keberadaan keris sakti ini tidak ada yang mengetahuinya karena menghilang setelah membunuh enam korban termasuk Ken Arok sendiri.

2. Kujang Prabu Siliwangi

kujang siliwangi

Selanjutnya ada pusaka kujang sakti milik Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran, Jawa Barat. Selain keris, kujang juga termasuk pusaka yang dianggap berharga di tanah Sunda. Kujang sakti milik Prabu Siliwangi merupakan pusaka turunan dari Raja sebelumnya yaitu Raja Kuda Lalean. Kujang ini memiliki kekuatan yang selalu melindungi Sang Prabu ketika melawan musuh kerajaan.

Kujang sakti milik Sang Prabu merupakan kujang kembar yang memiliki bentuk seperti kujang lainnya namun memiliki pegangan dengan bentuk ukiran kepala macan putih milik Prabu Siliwangi. Kujang kembar tersebut merupakan pusaka sakti yang merupakan bukti kesaktian Prabu Siliwangi.

3. Keris Raden Wijaya

keris raden wijaya

Yang ketiga ada salah satu pusaka berupa keris yang merupakan pusaka sakti raja Jawa milik pendiri kerajaan Majapahit, Raden Wijaya. Pusaka yang juga biasa disebut keris Kyai Gajah ini merupakan pusaka buatan seorang mpu dari Kerajaan Singasari. Dengan keris inilah Raja Wijaya berhasil mengalahkan lawannya.

Setelah digantikan dengan raja lain, keris ini tidak diketahui keberadaanya. Menurut beberapa pendapat dikatakan jika keris sakti tersebut hilang setelah wafatnya Raja Wijaya.

4. Keris Nagasasra

keris nogo sosro

Selanjutnya ada keris Nagasasra yang merupakan pusaka dari Raja Majapahit, Prabu Brawijaya V. Keris ini merupakan keris sakti yang memiliki lekukan berjumlah 13 buah dan pada beberapa bilah kerisnya diberi kinatah dari emas.

Untuk keberadaan keris ini sampai saat ini masih menjadi perbincangan, ada yang mengatakan jika keris ini disimpan di Keraton Yogyakarta dan ada juga yang mengatakan jika keris ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Namun yang pasti pusaka ini dikenal memiliki kekuatan magis yang sangat kuat.

5. Keris Kyai Ageng Kopek

keris kyai ageng gopek

Terakhir ada keris Kyai Ageng Kopek yang merupakan  pusaka dari peninggalan kerajaan Mataram yang dipegang oleh Sultan di Keraton Yogyakarta. Pusaka tersebut diberikan oleh Pakubuwana kepada Sri Sultan Hamengkubuwono I.  Keris ini dipegang oleh setiap sultan yang memerintah sebagai lambang kepemimpinan. Keris ini juga konon dibuat pada zaman kerajaan Demak.

Keris ini hanya boleh dipakai oleh para Sultan yang sedang memimpin Keraton. Selain keris Kyai Ageng Kopek ini ada juga keris serupa yang hanya ada di lingkup Keraton Yogyakarta yaitu keris Kyai Joko Piturun yang hanya diberikan untuk keturunan Sultan. Keris keris tersebut juga sama sama dibuat ketika zaman kerajaan Demak sebagai lambang kepemimpinan dunia dan rohani.

Indonesia memiliki riwayat sejarah yang sangat panjang terkhusus pada zaman kerajaan. Raja raja yang memimpin di kerajaan Nusantara kebanyakan memiliki pusaka sakti yang digunakan sebagai alat untuk melindungi diri. Pusaka pusaka tersebut sudah dikenal memiliki kekuatan yang sakti mandraguna dan biasanya dikaitkan dengan kekuatan magis atau supranatural.

Meskipun memiliki kekuatan yang besar, keberadaan benda benda pusaka tersebut ada yang diketahui dan ada pula yang tidak diketahui hingga saat ini. Anda bisa percaya maupun tidak, namun pusaka tersebut dipercaya memiliki kekuatan yang luar biasa. Untuk informasi yang lebih lengkap Anda bisa membaca buku sejarah yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Nusantara.

Konsultasi Serius tentang Masalah Anda dengan Pakarnya Ki Sabrang Alam, Silahkan hubungi kontak di bawah ini :

081 226 888 103 ( WA / Telpon / SMS )